Bagaimana jika ingin menyelenggarakan kegiatan donor darah?


Bagi masyarakat yang ingin membuat kegiatan donor darah, dapat menghubungi UTD PMI setempat untuk menyesuaikan jadwalnya. Adapun yang harus disiapkan oleh instansi, organisasi, sekolah atau pihak manapun yang ingin membuat kegiatan donor darah adalah :

  • Mengajukan Surat Permohonan ( Unduh disini )
  • Menyediakan ruangan yang luasnya sesuai dengan banyaknya donor, ruangan bersih, cukup ventilasi dan tidak berada di tempat terbuka (di bawah sinar matahari)
  • menyediakan sejumlah meja/kursi untuk tempat pendaftaran donor, pemeriksaan pendahuluan, pemeriksaan dokter, administrasi dan untuk tempat donor menunggu.
  • Instansi/ Organisasi yang ingin menyelenggarakan donor darah tidak dikenakan biaya, bahkan seluruh fasilitas yang diperlukan (misalnya penyediaan jarum, kantong darah hingga makanan pengganti) akan disediakan oleh Unit Transfusi Darah PMI Kota Pekalongan.

Waktu pelaksanaan donor darah maksimal 3-4 jam,jika lebih maka setiap 4 jam sekali Darah akan dibawa kembali ke UTD Kota Pekalongan agar darah yang didapat dapat segera disimpan dan diproses, untuk menjaga kualitas darah tetap baik.

APA YANG PERLU DISIAPKAN BILA AKAN MENYUMBANGKAN MELALUI MOBIL UNIT (MU)?

  1. Minimal jumlah calon donor 30 orang.
  2. Menyediakan ruangan yang luasnya sesuai dengan banyaknya donor, bersih, ventilasi cukup dan teduh (tidak di bawah sinar matahari) dengan fasilitas air bersih dan tempat parkir untuk bus mobil unit.
  3. Menyediakan minimal 4 meja dan sejumlah kursi sesuai jumlah donor.

donor_darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.